TEKS CERPEN KELAS IX PERTEMUAN KE -5


 KOMPETENSI DASAR

3.6 Menelaah struktur dan aspek kebahasaan cerita pendek yang dibaca atau didengar

Ku Ukir di Pasir

Mereka bercerita cukup panjang, dan terlihat sangat serius tidak seperti biasanya. Jika mereka bertemu selalu berakhir tawa dan wajah kebahagian. Ia sangat menyayangi sahabat sejatinya itu. Tiba-tiba terdengar suara tamparan. James menampar Beny.

Terdiam, lalu Beny mengatakan terimakasih kawan engkau telah membuatku terluka. Bukan itu maksudku Beny! Percayalah semua itu salah kembalilah Beny aku akan membantumu dari jeratan itu.

Keduanya  pergi meninggalkan tempat itu dan kembali ke mes. Keesokan harinya ia pergi bersama temannya yang lain untuk berenang di danau yang sangat indah itu. Dan meninggalkan James di dalam mes bersama teman yang lainnya.

Ketika terbangun ternyata dilihatnya temannya yang lain menyelamatkan Benny yang tenggelam di danau. James berlari dan melihat sebuah tulisan di pasir bertuliskan, James terimakasih telah menyadarkanku.

Apa yang terjadi. Mereka membawanya ke Mes untuk mendapatkan pertolongan pertama. Sambil membawa dan menggendong tubuh Beny, James mengoceh tidak karuan apa yang engkau lakukan Beny maafkan aku telah menyakitimu. Aku ingin engkau kembali seperti dulu.

Lalu tim sar memberikan pertolongan akhirnya Beny sadar. Sambil menangis James memeluk Beny maafkan aku. Apa yang kau lakukan James kata Beny.

Engkau membuatku takut kehilanganmu. Akhirnya mereka berpelukan aku menulis di pasir tentang apa yang kau lakukan padaku agar aku tidak merasa disakiti olehmu.

Terimakasih telah menyelematkanku, aku akan ingat kata-katamu, aku akan berhenti menggunakan barang haram itu, dan akan menjalani kehidupan seperti dulu. Engkau sahabat sejatiku.


Jika dianalisis ciri kebahasaannya, maka hasilnya kurang lebih seperti di bawah ini πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡


  CIRI KEBAHASAAN CERITA PENDEK


1.    Sudut pandang merupakan ciri kebahasaan yang khas pada cerpen

Ciri kebahasaan teks cerpen dilihat dari sudut pandangnya penceritanya menggunakan sudut pandang orang ketiga, karena banyak didominasi oleh kata ganti orang ketiga juga banyak menggunakan nama orang.

 

2.    Dialog yang digunakan menggunakan dialog masa lampau

·      Keduanya  pergi meninggalkan tempat itu dan kembali ke mes, untuk zaman sekarang mungkin disebut dengan asrama

·      Masih memperhatikan etika pertemanan, dipukul tetapi tidak membalas (menggambarkan masa lampau, belum modern)

·      Mengungkapkan sesuatu secara tidak langsung (menggambarkan situasi masa lampau)

Contoh : aku menulis di pasir tentang apa yang kau lakukan padaku agar aku tidak merasa disakiti olehmu.

 

3.    Kata benda khusus, lebih memilih kata danau, daripada kolam renang)

4.    Menggunakan uraian deskriptif (uraian yang seolah-olah bisa dilihat, bisa didengar, uraian tentang latar, uraian tentang pengalaman, dls )

      Seolah olah bisa dilihat : Keesokan harinya ia pergi bersama temannya yang lain untuk

                                            berenang di danau yang sangat indah itu.

         Seolah-olah bisa dirasakan :

·      Beny mengatakan terimakasih kawan engkau telah  membuatku terluka.

·      Aku ingin engkau kembali seperti dulu.

·      Engkau membuatku takut kehilanganmu

5.    . Penggunaan majas/gaya bahasa

 Majas pleonasme /berlebihan :

·  Jika mereka bertemu selalu berakhir tawa dan wajah kebahagian.

Majas klimaks / makin lama makin naik

·      Terimakasih telah menyelematkanku, aku akan ingat kata-katamu, aku akan berhenti menggunakan barang haram itu, dan (aku) akan menjalani kehidupan seperti dulu.


Penting tambahan : kata aku sebenarnya ada Cuma tidak dituliskan/inplisit




      Terima kasih sudah mengikuti pelajaran, semoga kalian selalu sehat, 
       selalu dilindungi Alloh, SWTπŸ™πŸ™πŸ™


Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS BHS INDONESIA MEMBUAT TEKS DESKRIPSI KLS VIIA, VIIB, VIIC

PERBEDAAN TEKS LAPORAN PERCOBAAN DENGAN TEKS LAIN KELAS IXA, IXB, IXC

MENYUSUN KERANGKA TEKS DESKRIPSI BERDASAR OBJEK YANG DIAMATI